Memperbaiki grub rescue pada ubuntu

Sahabat hanya blogger semalam saya mempunyai sedikit masalah dengan leptop, permasalahannya bermula ketika saya menghapus salah satu versi kernel ubuntu namun saya lupa menjalankan perintah update grub, otomatis ketika saya reboot kedua sistem oprasi yang terpasang di leptop saya ubuntu dan windows tidak bisa di gunakan, yang muncul hanyalah layar hitam dengan tulisan putih yang bertuliskan grub rescue.

Sebenarnya ini bukan pengalaman pertama saya mengalami hal yang seperti ini saya sudah sering kali mengalaminya akibat kecerobohan saya sendiri, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam Memperbaiki grub rescue pada ubuntu, untuk memperbaiki grub rescue terlebih dahulu siapkan cd/bootable installer ubuntu jika sudah punya langsung saja boot menggunakan live cd kemudian pilih mode try ubuntu. jika sudah masuk ke desktop melalui try ubuntu buka terminal ubuntu lalu tekan :
Memperbaiki grub rescue pada ubuntu
Memperbaiki grub rescue pada ubuntu

sudo fdisk -l
 lihat posisi partisi linux berada di mana, jika di tempat saya partisi linux berada di /dev/sda7 kemudian ketikkan lagi :
sudo mkdir /media/sda7
mount folder yang kita buat tadi dengan perintah.
sudo mount /dev/sda7 /media/sda7
kemudian install grub dengan perintah :
sudo grub-install --root-directory=/media/sda7 /dev/sda
jika keluar pesan instalation finished berarti proses Memperbaiki grub rescue pada ubuntu telah usai, reboot ubuntu anda untuk memastikan proses berjalan dengan sempurna :D