Jadawal Ramadhan 2013 menurut Stellarium

Bulan suci ramadhan sudah di depan mata, bahkan pihak Muhammadiyah telah memutuskan hari pertama puasa jatuh pada tanggal 9 juli namun tidak demikian pemerintah, pemerintah harus menyebarkan tim untuk melihat bulan agar kepastian ramadhan bisa di ambil. kita sebagai orang yang awak sekalipun bisa memprediksi kapan 1 ramadhan jatuh dengan menggunakan software Stellarium.

Stellarium adalah sebuah software yang  mensimulasikan bintang-bintang  dan planet-planet dilangit baik siang maupun malam secara realtime atau seperti pada kondisi sesungguh nya. aplikasi ini juga bisa manfaatkan untuk melihat kapan bulan 1 ramadhan akan muncul meskipun kebenaran dari aplikasi ini tidak berani saya jamin, namun dari pengalaman tahun yang lalu prediksi aplikasi ini cukup akurat.

Jadawal Ramadhan 2013 menurut Stellarium

Gambar di atas adalah contoh penampakan bulan menurut aplikasi stellarium, jika anda berniat menjadi astronom namun belum kesampaian saya menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi ini, paling tidak anda bisa tau bagaimana sistim tatasurya kita bekerja. aplikasi Stellarium ini sendiri gratis yang bisa anda dapatkan di website resminya di : http://www.stellarium.org/id/ aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis OS seperti linux, windows Mac OS X dan Ubuntu. jika anda berminat silahkan unduh di website resminya. sekian dan terima kasih